Kompress file Menggunakan Aplikasi 7-Zip

Aplikasi 7-Zip

7-Zip adalah aplikasi kompress atau perangkat lunak berbasis open source di bawah lisensi GNU LGPL, sementara itu untuk kode unrar nya perpaduan lisensi GNU LGPL + unRAR restrictions. Artinya dengan begini Anda dapat menggunakan aplikasi ini di komputer apapun juga, termasuk sebuah komputer dalam sebuah organisasi komersial sekalipun. Jadi Anda tidak perlu mendaftar atau membayar untuk Aplikasi 7-Zip ini.


Aplikasi 7-Zip



Disini saya hanya ingin sedikit mereview atau lebih pas nya adalah membuktikan apa yang telah diklaim oleh pembuatnya bahwa hasil kompressnya mampu sampai 30 – 70% lebih kecil dan lebih baik daripada format zip lainnya dan untuk proses kompres zip 2-10% lebih baik daripada program zip kebanyakan.
Sebagai ujicoba, disini saya telah melakukan kompress terhadap folder master Aplikasi Google Chrome 7 yang kapasitasnya sekitar 69,9Mb dengan menggunakan Aplikasi 7-Zip, WinRar dan Winzip. Maka dapat dihasilkan bahwa memang hasil kompress dari 7-Zip lebih kecil yaitu mampu menghasilkan 21,78Mb, (68,84%), WinRar 25,35Mb (63,73%) sedangkan Winzip 31,30Mb (55,08%).

Klik pada gambar untuk tampilan maksimal

Kompress file Menggunakan Aplikasi 7-Zip

Dengan hasil diatas mungkin jika anda senang berbagi file, upload file besar di internet ataupun yang lainnya, aplikasi ini dapat digunakan untuk menghemat ruang penyimpanan dan sebagainya.
Berikut Fitur utama dari 7-Zip :
  1. Rasio kompresi tinggi dalam format 7z dengan menggunakan kompresi LZMA dan LZMA2.
  2. Dukungan format ;
    • Packing / unpacking: 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM
    • Unpacking only: ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR and Z.
  3. Untuk format ZIP dan GZIP, 7-Zip menyediakan rasio kompresi  2-10% lebih baik dari rasio yang disediakan oleh PKZip dan WinZip.
  4. AES-256 enkripsi dalam format 7z dan ZIP.
  5. Kemampuan self-extracting dalam format 7z.
  6. Sudah terintegrasi dengan Windows Shell.
  7. Powerfull File Manager.
  8. Dukungan versi Command line.
  9. Plugin / Pengaya untuk FAR Manager.
  10. Dukungan lebih 79 bahasa.
  11. Dukungan operasi sistem Windows 8 / Windows 7 / Vista / XP / 2008 / 2003 / 2000 / NT / ME / 98.
Download : 7-Zip For Windows